Asyiknya Aktif Dalam Serikat Buruh -->

Asyiknya Aktif Dalam Serikat Buruh

Redaksi TNCMedia




Oleh: Jacob Ereste


(KONFEDERASI) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) memiliki hampir sepuluh Federasi seperti Bank, Keuangan dan Niaga (F.BKN) juga Federasi Media, Informatika dan Grafika (F. MIG).

Dua federasi ini sekadar contoh bahwa di sebuah kabupaten atau kota bisa dibentuk dua dewan pengurus cabang seperti F.BKN dan F.MIG. Demikian dengan federasi lain yang tidak kalah banyak jumlah pekerjanya. 

 Pengelompokan buruh atau pekerja dalam satu federasi sesungguhnya sekadar kreasi aktivis atau fungsionaris organisasi buruh agar dapat lebih memudahkan usaha penanganan masalah atau kasus. 

Kecuali itu tentu saja masing-masing buruh atau pekerja pada masing-masing federasi atau sektor pekerjaannya itu memiliki karakter yang khas. 

Misalnya untuk mereka yang tergabung dalam F.BKN yaitu Pegawai Bank, Keuangan dan Perniagaan saja sudah menpunyai perbedaan yang khas, meski relatif dapat dikata tidak terlalu banyak bedanya. 

 Pendek kata, bisalah disimpulkan masing-masing jenis pekerjaan itu tetap memiliki karakternya yang khas. Contoh bagi mereka yang dikelompokkan oleh organisasi buruh dalam satu Federasi Media, Informatika dan Grafika misalnya, secara teknis saja cara kerja kalangan jurnalis tentu saja berbeda irama dan gaya kerjanya dengan mereka yang bekerja di bidang grafis maupun percetakan. 

Tetapi itulah unik dan asyiknya menekuni masalah buruh, sebab tantangan untuk dapat memahami ragam karakter banyak orang mempunyai daya tarik tersendiri.( *)


Banten, 7 Desember 2019